PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED-GAMES TERHADAP KETERAMPILAN DASAR DALAM BERMAIN FUTSAL PADA PESERTA EKSTRAKULIKULER FUTSAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI III SLEMAN

Baihaqi, Muhammad Ilhami (2018) PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED-GAMES TERHADAP KETERAMPILAN DASAR DALAM BERMAIN FUTSAL PADA PESERTA EKSTRAKULIKULER FUTSAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI III SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ILHAMI 2.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sidedgames terhadap keterampilan dasar dalam bermain futsal siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di MAN III Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakulikuler futsal di Madrasah Aliyah Negeri III Sleman berjumlah 25 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakulikuler futsal di Madrasah Aliyah Negeri III Sleman berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu purpossive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes Keterampilan Futsal FIK Jogja. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis uji-t. Hasil uji-t memperoleh t-hitung sebesar 3,71 > 2,10 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi p 0,002 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan small sided-games terhadap keterampilan dasar dalam bermain futsal siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di MAN III Sleman. Apabila dilihat dari angka mean pretest 67,08 detik dan posttest 65,43 detik maka diperoleh angka perbedaan rerata 1,64 detik. Hal ini menunjukan perubahan yang lebih baik sebesar 2,45% (diperoleh dari perbedaan rerata dibagi mean pretest dikalikan 100%) dibandingkan sebelum diberikan latihan small sided-game.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: small sided-games, keterampilan dasar futsal, peserta ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2018 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56670

Actions (login required)

View Item View Item