PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SENDANGADI 1

Devi, Reka Putri Kartika (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SENDANGADI 1. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
REKA PUTRI K.D..pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri Sendangadi 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sendangadi 1 sejumlah 62 siswa, 31 siswa di kelas A dan 31 siswa dikelas B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri Mlati 2 sejumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah ANOVA dan Contrast Tests dengan taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat analisis dalam penelitin ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, NHT dan model pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan NHT. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,037 lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci: model pembelajaran TAI, model pembelajaran NHT, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2018 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56637

Actions (login required)

View Item View Item