PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA KELAS IV KURIKULUM 2013 SDN 2 SUMBERAGUNG, JETIS, BANTUL

Iqbal, Muhamad (2018) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA KELAS IV KURIKULUM 2013 SDN 2 SUMBERAGUNG, JETIS, BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Muhamad Iqbal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap keterampilan proses IPA kelas IV IPA Kurikulum 2013 SD Negeri 2 Sumberagung, Jetis, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan bentuk noneqeuivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah 43 siswa kelas IV tahun ajaran 2017/2018 yang terbagi ke dalam dua kelompok eksperimen dengan jumlah masing-masing siswa untuk kelas A dan B yaitu sebanyak 23 dan 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan tes dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan rata-rata skor perolehan pretest dan posttest kedua kelompok. Hasil penbelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses IPA kelas IV Kurikulum 2013 di SDN 2 Sumberagung. Rata-rata perolehan skor hasil pretest keterampilan proses IPA siswa kelompok kontrol sebesar 69,75 (kategori B) dan pada kelompok eksperimen sebesar 63,80 (kategori B). Sedangkan rata-rata perolehan skor hasil posttest keterampilan proses IPA siswa kelompok kontrol sebesar 72,75 (kategori B) dan kelompok eksperimen sebesar 75,23 (kategori A). Peningkatan dari hasil perolehan skor rata-rata pretest dan postest kelompok kontrol sebesar 3,0, sedangkan pada kelompok eksperimen sebesar 11,43. Kata kunci: problem based learning, keterampilan proses IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Apr 2018 05:29
Last Modified: 30 Jan 2019 16:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56582

Actions (login required)

View Item View Item