KONTROL EMOSI PADA MAHASISWA YANG MEMILIKI TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DI YOGYAKARTA

Grita Ratriana Melinda, Grita (2018) KONTROL EMOSI PADA MAHASISWA YANG MEMILIKI TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI-GRITA RATRIANA MELINDA-13104241048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kontrol emosi masih menjadi masalah yang dimiliki hampir semua individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara lebih mendalam tentang kontrol emosi pada mahasiswa yang memiliki tipe kepribadian introvert di Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi deksriptif. Pemilihan subjek menggunakan teknik sampel bertujuan. Subjek diambil karena berkaitan dengan karakteristik tertentu. Karakteristik yang dimaksud adalah mahasiswa di Yogyakarta, selama observasi cenderung berkepribadian introvert, memasuki masa remaja akhir (18-22 tahun), memiliki kontrol emosi yang unik, dan mahasiswa rantau. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian diketahui: (1) Gambaran kondisi emosi ketiga subjek dilatarbelakangi oleh masalah latar belakang keluarga dan kurangnya keterampilan sosial. (2) Dampak positif akibat kontrol emosi ketiga subjek adalah perasaan lega dan respon dari teman berupa empati, perhatian, dan penguatan. (3) Dampak negatif akibat kontrol emosi ketiga subjek adalah penyesalan, bagian tubuh sakit, tidak disukai teman, memancing kesalahpahaman, barang-barang rusak, malu, membenci dunia luar, menjadi malas. (4) Ketiga subjek memiliki upaya-upaya untuk meningkatkan kontrol emosi yaitu mengurangi kebiasaan berperilaku merusak, belajar berhenti mengumbar sesuatu di media sosial ketika emosi, meningkatkan kualitas ibadah, dan belajar terbuka dengan teman. Kata kunci: kontrol emosi, tipe kepribadian introvert

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 12 Apr 2018 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 16:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56573

Actions (login required)

View Item View Item