PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP, KEMAMPUAN NUMERIK, DAN BERPIKIR LOGIS

Arniati, Widiana and Sukardiyono, Sukardiyono (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP, KEMAMPUAN NUMERIK, DAN BERPIKIR LOGIS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_WIDIANA ARNIATI-14302241043.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan numerik, dan berpikir logis (2) peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran fisika hasil pengembangan, (3) peningkatan kemampuan numerik peserta didik yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran fisika hasil pengembangan, (4) peningkatan berpikir logis peserta didik yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran fisika hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang berorientasi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, dan LKPD. Sebelum diujicobakan, perangkat pembelajaran divalidasi oleh ahli dan guru SMA N 1 Imogiri kemudian diujicobakan di kelas X MIA 1 SMA N 1 Imogiri. Perangkat yang valid dan reliabel diujicobakan melalui desain penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan RPP, instrumen penilaian, dan respon pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah deskripsi standar gain. Reliabilitas instrumen menggunakan percentage of agreement. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) telah diperoleh perangkat pembelajaran berbasis problem based learning yang layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan numerik, dan berpikir logis, (2) peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memperoleh gain 0,46 dengan kategori sedang, (3) peningkatan kemampuan numerik peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memperoleh gain 0,65 dengan kategori sedang, (4) peningkatan kemampuan berpikir logis peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memperoleh gain 0,71 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, Problem Based Learning, pemahaman konsep, kemampuan numerik, berpikir logis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 21 Mar 2018 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 16:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56263

Actions (login required)

View Item View Item