Efektifitas Teknik Make a Match dan Guide Note-Taking dalam Pembelajaran Geografi SMA di Kabupaten Sleman

Neti Ratnasari, - (2011) Efektifitas Teknik Make a Match dan Guide Note-Taking dalam Pembelajaran Geografi SMA di Kabupaten Sleman. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Neti_Ratnasari.doc

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan teknik Make a Match dan Guide Note-Taking dalam pembelajaran geografi tingkat SMA di kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian ramdomized control-group posttest only dengan sampel SMA N 1 Pakem kelas XC dan SMA N 1 Kalasan kelas XA. Penelitian menerapkan teknik Make a Match untuk kelas XC SMA N 1 Pakem dan teknik Guide Note-Taking untuk kelas XA SMA N 1 Kalasan. Penelitian dilakukan pada materi hidrosfer sub bahasan siklus air dan perairan darat. Perlakuan teknik dilakukan sebanyak dua kali pertemuan yang dilanjutkan dengan satu kali pos tes. Pertemuan pertama dilakukan dengan materi siklus air dan jenis-jenis sungai. Pertemuan kedua dilakukan dengan materi danau, rawa, dan air tanah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dengan analisis data dengan menggunakan t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok Make a Match dan kelompok Guide Note-Taking. hal ini terbukti dari penghitungan yang memperoleh t= 2,879 dan p=0,005 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil belajar siswa kelompok Guide Note-Taking lebih tinggi dibanding dengan siswa kelompok Make a Match. Hal ini terlihat pada rata-rata nilai pos tes kelompok Guide Note-Taking 76,29 lebih tinggi dibanding dengan rata-rata nilai pos tes kelompok Make a Match 70,44. Tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran lebih tinggi kelompok Make a Match dari pada kelompok Guide Note-Taking. Hal ini terbukti pada pertambahan jumlah siswa aktif yang lebih banyak terjadi pada kelompok Make a Match dari pada kelompok Guide Note-Taking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik Guide Note-Taking lebih tepat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa dibanding dengan teknik Make a Match. Teknik Make a Match lebih cocok digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proes pembelajaran geografi SMA di kabupaten Sleman. Kata kunci: Efektifitas Pembelajaran Geografi, Teknik Make a Match, Teknik Guide Note-Takin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:22
Last Modified: 29 Jan 2019 13:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item