PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

Beni Mulyadi, BM (2017) PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
66. SKRIPSI_BENI MULYADI_13802241043_PEND. ADM. PERKANTORAN_FE.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan e-learning pada standar kompetensi mengoperasikan aplikasi perangkat lunak di SMK Negeri 7 Yogyakarta, (2) mengetahui kelayakan e-learning pada standar kompetensi mengoperasikan aplikasi perangkat lunak di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Pengembangan e-learning ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang diadaptasi dari Dick and Carrey yakni: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, dan (4) implementasi. Penilaian kelayakan e-learning dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Subjek ujicoba e-learning adalah 64 siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta. Ujicoba e-learning dilakukan dengan dua tahap ujicoba yakni ujicoba tahap satu terhadap kelompok kecil dan ujicoba tahap dua dengan kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket untuk memperoleh data kuantitatif sebagai data primer dan data kualitatif berupa saran atau komentar sebagai data untuk perbaikan e-learning. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dikonversi menjadi data kualitatif menggunakan kriteria penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-learning berhasil dikembangkan melalui tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi; (2) E-learning yang dihasilkan memiliki fitur teleconference yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran praktek dan pembelajaran jarak jauh. Teleconference dapat digunakan sebagai media tatap muka secara online ketika guru tidak dapat hadir di kelas. (3.a) e-learning memiliki kriteria “Sangat Baik” dari ahli materi dengan rerata penilaian 4.25; (3.b) e-learning memiliki kriteria “Sangat Baik” dari ahli pembelajaran dengan rerata penilaian 4.27; (3.c) e-learning memiliki kriteria “Baik” dari ahli media dengan rerata penilaian 4.00; (3.d) hasil ujicoba e-learning tahap satu menunjukkan bahwa e-learning memiliki kriteria “Baik” dengan rerata penilaian 3.98, sedangkan pada hasil ujicoba e-learning tahap dua menunjukan bahwa e-learning memiliki kriteria “Sangat Baik” dengan rerata penilaian 4.08. Berdasarkan hasil dari penelitian pengembangan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-learning pada standar kompetensi mengoperasikan aplikasi perangkat lunak di SMK Negeri 7 Yogyakarta layak untuk dikembangkan. Kata kunci: penelitian pengembangan, e-learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56156

Actions (login required)

View Item View Item