LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Iqbal Debi Amzah, Iqbal Debi Amzah (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14518244015_Iqbal Debi Amzah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk pembelajaran bagi mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing ini memiliki bobot sebanya tiga SKS lapangan. Pada tahun 2017, mahasiswa diwajibkan menempuh minimal 256 Jam. Sebelum pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing mahasiswa diwajibkan menempuh dan lulus dalam mata kuliah prasyarat yaitu microteaching. Praktik Lapangan Terbimbing ini tentunya melibatkan instansi lain yang menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta, dalam hal ini praktikan berkesempatan melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kegiatan PLT dilaksanakan pada 15 September hingga 15 November 2017. Rencana kegiatan total PLT 256 jam, yang terangkum dari beberapa kegiatan sebelum PLT ataupun saat PLT, kegiatan sebelum PLT meliputi observasi dan konsultasi serta kegiatan saat PLT meliputi kegiatan penerjunan, pembuatan RPP, analisis silabus, dan praktik mengajar di kelas, serta pembuatan laporan. Sedangakan praktik mengajar dilaksanakan mandiri maupun terbimbing di kelas X TITL dan XI TITL. Masing-masing sebanyak delapan kali pertemuan di kelas X dan tiga kali pertemuan di kelas XI. Hasil kegiatan PLT yang terlaksana yakni 16,5 jam untuk observasi dan konsutasi, 56 jam persiapan mengajar, 102 jam untuk praktik mengajar, dan 65 jam kegiatan insidental dan lainya. Total dari seluruh kegiatan tersebut sebanyak 354,5 jam yang berarti total jam perencanaan terpenuhi. Hasil persiapan mengajar adalah RPP, materi pembelajaran praktikum DLE. Total kegiatan mengajar di kelas sebanyak 102 jam pada dua kelas yang diampu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, TITL Iqbal Debi Amzah – NIM 14518244015 Mahasiswa PLT UNY Tahun 2017 Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Zamtinah , M.Pd.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Mar 2018 05:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56126

Actions (login required)

View Item View Item