IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SIYONO 1 KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Ardhian Singgih Pamungkas, 13105241045 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SIYONO 1 KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ardhian Singgih Pamungkas_13105241045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, serta hambatan yang ditemui guru dalam implementasi Kurikulum 2013 di kelas 1 dan 4 SD Negeri Siyono 1 Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala SD Negeri Siyono 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan cek anggota dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kegiatan persiapan pembelajaran guru telah menyusun RPP dengan mengunduh RPP yang sudah disediakan di web kemendikbud dan disesuaikan dengan kondisi sekolah. Dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 guru sudah melaksanakan pembelajaran secara tematik integratif, menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik, dan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Dalam kegiatan pembelajaran metode yang digunakan guru sudah bervariasi, namun siswa kelas 4 masih terbiasa dengan metode pembelajaran konvensional. Dalam penilaian pembelajaran Kurikulum 2013, guru sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Penilaian Autentik yang digunakan guru antara lain pengamatan, penilaian diskusi, kinerja, portofolio dan tertulis. Ada beberapa kendala yang dihadapi dari penyesuaian penggunaan metode, kurangnya fasilitas sekolah, dan evaluasi yang cukup memberatkan guru. Pembuatan rapor juga menjadi kendala yang disebabkan kurangnya kemampuan guru dalam mendeskripsikan suatu penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 16:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56008

Actions (login required)

View Item View Item