PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI GULON 4 SALAM MAGELANG

Hilmi Andika Budiawan, 13105244013 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI GULON 4 SALAM MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
HILMI ANDIKA BUDIAWAN_13105244013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi dan media hasil pengembangan multimedia pembelajaran IPS materi Perjuangan para Tokoh Pejuang pada masa Penjajahan Belanda dan Jepang bagi siswa kelas V SD Negeri Gulon 4 Salam Magelang.Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Subjek uji coba penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Gulon 4 Salam Magelang. Pelaksanaan uji coba awal 4 orang siswa, uji coba lapangan 8 orang siswa dan uji lapangan 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data hasil penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Kelayakan multimedia telah divalidasi oleh ahli media yang memeroleh skor 71 dari nilai tertinggi 85 masuk dalam kategori layak dan klasifikasi sangat baik. Validasi ahli materi mendapat skor 78 dari skor tertinggi 100 masuk dalam kategori layak dan klasifikasi baik. Uji coba awal, uji coba lapangan dan uji lapangan masuk dalam klasifikasi baik. Hasil keseluruhan penilaian terhadap multimedia pembelajaran IPS materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang adalah layak digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56007

Actions (login required)

View Item View Item