PENGEMBANGAN MEDIA LATIHAN BUKU SAKU PENGENALAN TEKNIK DASAR PENJAGA GAWANG (GOALKEEPER) FUTSAL PADA ANAK USIA DINI

Hidayat, Dika Rahmat (2018) PENGEMBANGAN MEDIA LATIHAN BUKU SAKU PENGENALAN TEKNIK DASAR PENJAGA GAWANG (GOALKEEPER) FUTSAL PADA ANAK USIA DINI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN MEDIA LATIHAN BUKU SAKU PENGENALAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat buku saku penjaga gawang futsal sebagai sumber latihan untuk anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan buku saku penjaga gawang futsal terlebih dahulu divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media dan 3 peserta didik untuk uji coba satu lawan satu, 6 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, 12 peserta didik untuk uji coba lapangan. Populasi subjek penelitian ini terdiri dari 21 peserta ekstrakurikuler dengan pengambilan sampel sebanyak 21 peserta yang terdiri dari ekstrakurikuler futsal SD Muhammadiyah Demangan, SD Muhammadiyah Sagan, SDN Lempuyangan 1, SD Muhammadiyah Karang Kajen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan instrumen berupa angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil tersebut diperoleh dari validasi a) ahli materi sebesar 84,09% atau layak; b) ahli media sebesar 90,45% atau layak; c) respon siswa uji coba lapangan dari segi materi sebesar 91,02% atau layak, Segi desain buku saku sebesar 96,49% atau layak dan skor maskimal 93,75 % atau layak. Dengan demikian kesimpulan bahwa buku saku penjaga gawang futsal pada usia dini telah dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sumber latihan bagi anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Latihan, Buku Saku Penjaga Gawang Futsal, Teknik Dasar Penjaga Gawang futsal, Anak Usia Dini
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Feb 2018 02:32
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55819

Actions (login required)

View Item View Item