PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM NIELS BOHR DENGAN ILUSTRASI 3 DIMENSI (3D) BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK SMA/MA

Utami, Ika Putri (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM NIELS BOHR DENGAN ILUSTRASI 3 DIMENSI (3D) BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi-IKA PUTRI UTAMI-13303241005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan; (1) mengembangkan media pembelajaran kimia di SMA/MA berbasis Android dengan teknologi 3D Augmented Reality pada materi struktur atom Niels Bohr yang berkualitas sesuai dengan kriteria yang ditentukan; (2) mengetahui kualitas media pembelajaran kimia di SMA/MA berbasis Android dengan teknologi 3D Augmented Reality pada materi struktur atom Niels Bohr. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk awal divalidasi oleh ahli media dan ahli materi sebagai bahan unutk revisi pertama. Masukan dari para ahli dijadikan bahan revisi produk sebelum di review oleh guru dan diuji cobakan terbatas kepada siswa. Data yang diperoleh dari guru merupakan data kualitas produk yang dikembangkan, sedangkan penilaian dari peserta didik merupakan tanggapan mengenai media pembelajaran yang dikembangkan Pengubahan data hasil penilaian dari nilai yang berbentuk kualitatif menjadi berbentuk kuantitatif berdasarkan skala Likert, kemudian dibuat tabulasi data skor yang sudah diperoleh dan dilakukan analisis berdasarkan kriteria kategori penilaian ideal. Hasil pengembangan ini berupa kartu Unsur berilustrasi 3 Dimensi (3D) dengan Teknologi Augmented Reality. Berdasarkan hasil reviewer, media pembelajaran yang dibuat termasuk kategori kualitas sangat baik (SB). Berdasarkan tanggapan dari peserta didik sebagai subjek uji terbatas yaitu semua peserta didik setuju bahwa media pembelajaran memiliki kualitas yang sangat baik apabila digunakan sebagai media pembelajaran materi Struktur Atom Niels Bohr.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55801

Actions (login required)

View Item View Item