PENGARUH MODEL CHEMISTRY OUTDOOR ACTIVITY PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ASAM DAN BASA TERHADAP KETERAMPILAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA

Muhadir, Faiz Amrillah (2018) PENGARUH MODEL CHEMISTRY OUTDOOR ACTIVITY PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ASAM DAN BASA TERHADAP KETERAMPILAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I Naskah Skripsi_Faiz Amrillah Muhadir_13303244020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keterampilan kerja sama siswa kelas XI SMA yang mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity, (2) menganalisis perbedaan antara prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMA sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity. Penelitian ini merupakan penelitian di bidang pendidikan kimia menggunakan desain penelitian pre experimental design dengan jenis pretest and posttest one group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA semester 2 SMAN 1 Tempel Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 56 orang. Selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh, yaitu jika seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel sebanyak 56 orang. Materi kimia yang digunakan dalam penelitian adalah larutan asam dan basa. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji-t, dan NGain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keterampilan kerja sama siswa kelas XI SMA yang mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor seluruh aspek adalah 1 3,78, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMA sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model Chemistry Outdoor Activity berupa peningkatan prestasi belajar dalam kategori rendah (N-Gain = 0,27; t = -11,717; p = 0,000).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Feb 2018 03:16
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55789

Actions (login required)

View Item View Item