LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN “ANALISIS JABATAN DAN ANALISIS BEBAN KERJA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN 2017"

Gestik Arbi Fiyani, Gestik Arbi Fiyani (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN “ANALISIS JABATAN DAN ANALISIS BEBAN KERJA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN 2017". Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Gestik Arbi Fiyani.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing merupakan salah satu cara mahasiswa menerapkan ilmu yang diperoleh dari perkuliahan kedalam dunia kerja yang sebenarnya. Sebelum pelaksanaan PLT, penulis melakukan observasi terlebih dahulu, dimana pada saat melaksanakan observasi ditemukan beberapa masalah. Berdasarkan hasil observasi maka penulis menentukan program yang berjudul “Analisis Jabatan Aparatur Sipil Negara di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten”. Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten di Sub Bidang Umum dan Kepegawaian pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Tujuan dari program Analisis Jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pendidikan Klaten adalah membantu pegawai di bidang Umum Kepegawaian menganalisis jabatan yang terdapat di Dinas Pendidikan Klaten. Selama pelaksanaan program kerja kegiatan ini, penulis dibimbing oleh Analis Kepegawaian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sehingga dapat terselesaikannya program kerja yang dilaksanakan oleh penulis. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan penulis terwujud sebagai berikut: Pengumpulan data seperti visi dan misi Dinas Pendidikan Klaten, struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi serta informasi kepegawaian lainnya melalui pengisian formulir analisis jabatan yang diisi oleh responden (pegawai Dinas Kabupaten Klaten). Tahap selanjutnya yaitu penyusunan informasi jabatan, verifikasi analisis jabatan dan penetapan analisis jabatan. Hasil yang diperoleh dari program PLT adalah tersusunnya informasi jabatan sebagai acuan untuk melakukan manajemen kepegawaian, kelembagaan, ketatalasanaan dan pengawasan. Output dari analissi jabatan yaitu peta jabatan, uraian jabatan, spesifikasi jabatan, Selanjutnya hasil analisis jabatan digunakan untuk perencanaan pegawai yaitu penyusunan analisis beban kerja (analisis kebutuhan pegawai) Dinas Pendidikan Klaten. Hambatan yang dialami dalam melakukan analisis jabatan yaitu terlambatnya pengumpulan data yang diakibatkan responden kurang memahami cara pengisian formulir analisis jabatan meskipun sudah dilakukan sosialisasi. Sehingga sampai habis masa PLT (2 bulan) analisis jabatan belum dapat selesai diverifikasi oleh BKD dan belum disahkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Analisis Jabatan, Peta Jabatan, Subbag Umum dan Kepegawaian, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2018 03:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55731

Actions (login required)

View Item View Item