LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN “PEMETAAN DATA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DAN SWASTA DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN”

Fadilah Nurdiati, Fadilah Nurdiati (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN “PEMETAAN DATA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DAN SWASTA DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fadilah Nurdiati.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan suatu program wajib tempuh bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di dunia kerja dan sebagai bentuk penerapan teori yang telah di dapat dalam proses perkuliahan. Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan. PLT dilaksanakan selama dua bulan, yaitu mulai tanggal 15 September sampai 15 November 2017. Sebelum PLT dilaksanakan, setiap mahasiswa akan menempuh mata kuliah Observasi Lembaga Manajemen Pendidikan (OLMP). Penulis beserta tim melakukan observasi di lembaga terlebih dahulu agar menemukan kendala atau faktor-faktor penghambat kinerja pegawai. Berawal dari permasalahan ini, penulis dapat mengangkatnya menjadi program kerja untuk membantu menangani permasalahan di lembaga. Penulis melaksanakan program kerja yang berjudul “Pemetaan Data Pendidik dan Tenaga kependidikan pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten” di sub. Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten. Tujuan dari program ini ialah membantu pegawai dinas dalam melakuaan validasi data tenaga pendidik dan tenaga kependidikan baik PNS maupun Guru Tidak Tetap (GTT) atau Pegawai Tidak Tetap (PTT) serta mendata pegawai yang memasuki masa pensiun di tahun 2017, 2018, dan 2019 mendatang. Selama pelaksanaan program kerja ini, penulis dibimbing oleh staf ahli sub.bag kepegawaian. Rangkaian kegiatan yang dilakukan meliputi: Pemantapan program dan koordinasi, konsultasi dengan pegawai dinas ybs, persiapan formulir dan pemberkasan, sosialisasi validasi data, pengumpulan berkas dan pengecekan kelengkapan, input data di data base, pengklasifikasian dan pengolahan data, pengecekan data, dan yang terakhir akumulasi data. Hasil yang diperoleh dari program ini adalah pemetaan dari jumlah pendidik PNS maupun GTT, tenaga admin PNS maupun PTT, tenaga perpustakaan, dan tenaga laboran. Data ini yang kemudian akan dirinci berdasarkan SK pengangkatan golongan terakhir dan pendidikan terakhir yang telah berijin gelar. Data yang diolah belum sepenuhnya selesai karena terdapat hambatan yaitu belum mengumpulkannya data mentah sejumlah 8 sekolah. Sehingga pelaksanaan akumulasi data terbatas pada data yang telah masuk. Hal ini mengakibatkan rekapitulasi data yang dijadikan pemetaan belum sempurna, begitu pula dengan pemetaan angka pensiun. Secara keseluruhan tingkat keberhasilan program ini adalah 92,5%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Validasi Data, Pemetaan, Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan, jenjang SMP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2018 02:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55730

Actions (login required)

View Item View Item