Pengaruh Pembelajaran IPA Model Creative Problem Solving Berbantuan Android terhadap Science Literacy serta creativity and innovation Siswa SMP.

Zuhdi, Rasyid (2018) Pengaruh Pembelajaran IPA Model Creative Problem Solving Berbantuan Android terhadap Science Literacy serta creativity and innovation Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rasyid-zuhdi-15708251016.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh pembelajaran IPA berbasis creative problem solving berbantuan android terhadap science literacy siswa kelas VII SMP; serta (2) pengaruh pembelajaran IPA berbasis creative problem solving berbantuan android terhadap creativity and innovation siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kabupaten Kebumen yang telah menerapkan kurikulum 2013. Sekolah sampel dalam penelitian dikategorikan menjadi sekolah kategori tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan peringkat sekolah dalam ujian nasional, sehingga diperoleh SMPN 3 Kebumen, SMPN 1 Buluspesantren dan SMPN 6 Kebumen. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran berbasis creative problem solving dengan bantuan android. Teknik pengumpulan data melalui tes dan nontes. Instrumen pengumpulan data berupa soal science literacy, soal creativity and innovation, serta lembar observasi dan angket. Uji regresi linear dengan variabel dummy dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap masing-masing variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran IPA berbasis creative problem solving berbantuan android berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan science literacy siswa kelas VII SMP; serta (2) pembelajaran IPA berbasis creative problem solving berbantuan android berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan creativity and innovation siswa kelas VII SMP

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: creative problem solving, android, science literacy, creativity and innovation
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:53
Last Modified: 09 May 2019 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55530

Actions (login required)

View Item View Item