Setiono, Isnaini Agus and Wiyatmo, Yusman (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP_ISNAINI AGUS SETIONO_14302241036_PENDIDIKAN FISIKA.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang layak untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik SMA aspek kognitif, 2) mengetahui peningkatan motivasi belajar fisika peserta didik SMA yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan 3) mengetahui peningkatan hasil belajar materi pokok fluida statis peserta didik SMA pada aspek kognitif yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define dilakukan untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan untuk mengembangkan instrumen penelitian dan rancangan awal perangkat pembelajaran berupa RPP, LDPD, dan instrumen penilaian hasil belajar aspek kognitif berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Tahap develop dilakukan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang sudah direvisi berdasarkan komentar dan saran dari validator ahli dan validator praktisi, uji lapangan terbatas, serta uji lapangan luas. Subjek penelitian yang digunakan dalam uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan yakni peserta didik semester 1 di SMA N 2 Sleman dengan mengambil 15 peserta didik kelas XI MIA 1 untuk uji lapangan terbatas dan 30 peserta didik kelas XI MIA 2 untuk uji lapangan luas. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam skala yang lebih luas. Dari penelitian ini dapat dihasilkan: 1) perangkat pembelajaran kooperatif materi pokok fluida statis berupa RPP, LDPD, dan instrumen penilaian hasil belajar aspek kognitif dengan kategori sangat baik dan layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik, 2) peningkatan motivasi belajar peserta didik berdasarkan nilai standard gain pada uji lapangan terbatas sebesar 0,03 (rendah) serta pada uji lapangan luas sebesar 0,002 (rendah), dan 3) peningkatan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif berdasarkan nilai standard gain pada uji lapangan terbatas sebesar 0,56 (sedang) serta pada uji lapangan luas sebesar 0,51 (sedang). Kata kunci : perangkat pembelajaran, Numbered Head Together (NHT), hasil belajar, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 09 Feb 2018 04:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55449 |
Actions (login required)
View Item |