HUBUNGAN PENGETAHUAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) TERHADAP SIKAP SISWA XI TKR SAAT PRAKTIK TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES

Gagam, Kemassias (2018) HUBUNGAN PENGETAHUAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) TERHADAP SIKAP SISWA XI TKR SAAT PRAKTIK TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_GAGAM KEMASSIAS_13504241002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengetahuan siswa kelas XI TKR tentang K3 pada praktik TKR di SMK Ma’arif 1 Wates; (2) Mengetahui sikap siswa kelas XI TKR saat melaksanakan praktik TKR di SMK Ma’arif 1 Wates; (3) Mengetahui hubungan antara pengetahuan K3 terhadap sikap siswa XI saat Praktik TKR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi 165 siswa yang merupakan siswa kelas XI TKR SMK Ma’arif 1 Wates. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak dengan taraf kesalahan 5% sehingga sampel yang diperoleh berjumlah 65% atau 107 siswa. Variabel penelitian adalah pengetahuan K3 siswa sebagai variabel bebas dan sikap kerja siswa saat praktik TKR sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis berjumlah 25 item dan menggunakan lembar penilaian diri berjumlah 20 item . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat pengetahuan siswa mengenai K3 pada praktik TKR dengan hasil nilai 51,4% yang termasuk dalam kategori cukup; (2) Sikap kerja siswa kelas XI TKR saat melaksanakan praktik TKR dengan hasil nilai 55,14% yang termasuk dalam kategori positif; (3) terdapat hubungan antara pengetahuan K3 dengan sikap kerja siswa saat praktik TKR dengan koefesien korelasi 0,787 yang termasuk dalam tingkat hubungan yang Kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Praktik TKR
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54968

Actions (login required)

View Item View Item