Pengaruh Supervisi dan Partisipasi Guru dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kota Yogyakarta.

Rahman, Catur Arif (2017) Pengaruh Supervisi dan Partisipasi Guru dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-catur arif rahman-15703251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan 1) pengaruh supervisi terhadap kompetensi profesional guru; 2) pengaruh partisipasi KKG terhadap kompetensi profesional guru; dan 3) pengaruh supervisi dan partisipasi KKG terhadap kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Responden sebanyak 259 orang yang dipilih menggunakan teknik random sampling yang diambil dari jumlah populasi guru SD Negeri se-Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Validitas data menggunakan validitas konstruk dengan cara expert judgement. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi berupa regresi tunggal dan ganda serta analisis kanonikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang telah dilaksanakan oleh kepala sekolah terhadap guru SD Negeri se-Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup. Supervisi yang sudah cukup tersebut berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru SD Negeri se-Kota Yogyakarta sebesar 33,8%. Berdasarkan kategori sekolah, supervisi memiliki pengaruh paling besar terhadap kompetensi profesional guru SD Negeri Se-Kota Yogyakarta terjadi pada sekolah kategori baik sebesar 39,3%. Partisipasi guru dalam KKG di SD Negeri Se-Kota Yogyakarta yang telah dilaksanakan termasuk dalam kategori cukup. Partisipasi guru dalam KKG yang sudah cukup tersebut berpengaruh positif terhadap kompetensi profesional guru SD Negeri se-Kota Yogyakarta sebesar 28,3%. Berdasarkan kategori sekolah, partisipasi guru dalam KKG memiliki pengaruh paling besar terhadap kompetensi profesional guru SD Negeri Se-Kota Yogyakarta terjadi pada sekolah kategori sedang sebesar 33,4%. Kemudian supervisi dan partisipasi guru dalam KKG berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru SD Negeri se-Kota Yogyakarta sebesar 40,9%. Ada hubungan antar sub variabel yaitu supervisi, partisipasi dalam kelompok kerja guru, dan kompetensi profesional. Setiap sub variabel kompetensi profesional dipengaruhi oleh sub variabel supervisi dan partisipasi dalam kelompok kerja guru yang berbeda.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional guru, supervisi, partisipasi guru dalam KKG
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Dec 2017 01:41
Last Modified: 22 Oct 2021 06:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54267

Actions (login required)

View Item View Item