Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa Terhadap Matematika SMP.

Rusmawati, Titin (2017) Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa Terhadap Matematika SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-titin-rusmawati-15709251092.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) keefektifan modelproblem based learning; (2) keefektifan modelproject based learning; dan (3) model mana yang lebih efektif antara model problem based learning (PBL) dan project based learning (PjBL) ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan sikap siswa terhadap matematika SMP. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretets – posttest nonequivalent comparison-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Yogyakarta, semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak sehingga diperoleh kelas VII-C dan Kelas VII-D. Kelas VII-D diberi perlakuan berupa model problem based learning, sedangkan kelas VII-C diberi perlakuan model project based learning. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang berupa, tes prestasi belajar sebanyak 20 butir soal,tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak tiga butir soal dan angket sikap siswa terhadap matematika sebanyak 30 butir pernyataan yang diberikan pada pretest dan posttest. Untuk menguji keefektifan model problem based learning (PBL) dan project based learning (PjBL) menggunakan uji one sample t test, sedangkan untuk perbedaan keefektifan model pembelajaran menggunakan uji two group manova. Selanjutnya, karena dalam hasil analisis diperoleh terdapat perbedaan antara kedua kelas maka dilanjutkan dengan uji perbandingan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran problem based learning (PBL) efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan sikap siswa terhadap matematika SMP; (2) model pembelajaran project based learning (PjBL)efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan sikap siswa terhadap matematika SMP; dan (3) model problem based learning (PBL) lebih efektif dibandingkan dengan project based learning (PjBL) ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan sikap siswa terhadap matematika SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Project Based Learning, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, sikap siswa terhadap matematika SMP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Dec 2017 01:46
Last Modified: 09 May 2019 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54258

Actions (login required)

View Item View Item