Prakoso, Budi (2017) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V SD SEGUGUS 1 KECAMATAN WATES TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.
Text
Budi Prakoso.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pola asuh orang tua autoritatif, pola asuh permisif, dan pola asuh otoriter terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas 5 SD se Gugus 1 Kecamatan Wates. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Penelitian dilaksanakan di kelas 5 SD Segugus 1 Wates yang berjumlah 7 SD pada bulan Juni tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Segugus 1 Kecamatan Wates yang berjumlah 230 siswa dengan batas ukuran sample 128 yang didapatkan dengan menggunakan rumus Slovin, kemudian dilakukan pengambilan sample secara acak menggunakan probability sampling jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan untuk prestasi belajar IPS siswa kelas 5 menggunakan dokumentasin nilai UAS. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji chi kuadrat. Hasil penelitian yaitu nilai signifikansi sebesar 0,008 dan lebih kecil dari 0,05 sehingga terdapat pengaruhpola asuh autoritatif, pola asuh permisif, dan pola asuh otoriter terhadap prestasi belajar IPS kelas 5 sekolah dasar Segugus 1 Kecamatan Wates tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: pola asuh autoritatif, pola asuh permisif, pola asuh otoriter, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 07:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54068 |
Actions (login required)
View Item |