PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BORDIR DI SMP TERPADU AL-AMIN CUKANG TANJUNG KAWALU TASIKMALAYA

Khotimah, Shifa Nurul (2017) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BORDIR DI SMP TERPADU AL-AMIN CUKANG TANJUNG KAWALU TASIKMALAYA. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
Shifa 688 - 697.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan bordir di SMP Terpadu Al-Amin Cukang Tanjung Kawalu ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar serta tanggapan siswa kelas VIII SMP Terpadu Al-Amin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran keterampilan bordir sebagai mata pelajaran muatan lokal di SMP Terpadu Al-amin Cukang Tanjung Kawalu Tasikmalaya. Data penelitian berupa kata-kata dan tindakan yang diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan alat bantu seperti alat tulis, dan kamera. Keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan bordir di SMP Terpadu Al-Amin ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar. 1) Perencanaan pembelajaran meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru mata pelajaran keterampilan bordir berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Materi pembelajarannya yaitu mengenalkan alat dan praktik bordir sederhana berupa pola dasar, serta metode pembelajaran adalah demonstrasi, tanya jawab dan pemberian tugas kepada siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan bordir dilaksanakan sesuai perencanaan pembelajaran yang telah dibuat dengan alokasi waktu (2 x 40 menit) yaitu praktik individu terbimbing dan kelompok. Hasil karya keterampilan bordir yang diciptakan oleh siswa berupa karya non fungsional dalam lembaran kain berukuran 30cm x 30cm berupa pola dasar bordiran. Penilaian hasil pembelajaran keterampilan bordir mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dengan standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran keterampilan bordir sangat baik, dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 21 Nov 2017 07:11
Last Modified: 30 Jan 2019 15:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54019

Actions (login required)

View Item View Item