Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sleman

Purnomo, Dedi (2017) Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dedi purnomo-15703259015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SD di Kabupaten Sleman dan (2) menggambarkan pola yang efektif dalam pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SD di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 12 orang guru, dua kepala sekolah, dan dua pengurus kelompok kerja guru SD di Kecamatan Turi dan Kecamatan Mlati. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif secara interaktif model Miles dan Hubermen yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan membercheck . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru SD di Kabupaten Sleman memahami konsep pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme melalui tiga unsur kegiatan; (2) unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan meliputi Pengembangan Diri (PD) diklat, workshop, seminar; Publikasi Ilmiah (PI) penyusunan diktat, karya tulis ilmiah, dan Karya Inovatif (KI) guru membuat alat peraga; (3) pengembangan keprofesian berkelanjutan dilakukan secara jaringan sekolah dan kepakaran luar lainnya, melalui tiga tahapan yaitu input, proses, dan output; (4) hambatan pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan meliputi hambatan kurangnya pengelolaan waktu, kurangnya optimalisasi dana TPG, pemahaman sistematika PKB, dan penguasaan IT yang kurang; (5) peran kelompok kerja guru dalam kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan meliputi fasilitator, tempat sharing, dan tempat menambah pengetahuan; (6) dampak dari kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan diklasifikasikan menjadi dua, yaitu dampak terhadap kinerja dan pengembangan karir

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan, pengembangan keprofesian, pola efektif dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Nov 2017 02:30
Last Modified: 22 Oct 2021 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53980

Actions (login required)

View Item View Item