Pengembangan Perangkat Pembelajaran Segiempat dan Segitiga Berbasis Inkuiri Berorientasi Pada Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi, dan Belief Siswa SMP

Maskur, Muhammad Ali (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Segiempat dan Segitiga Berbasis Inkuiri Berorientasi Pada Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi, dan Belief Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-ali-maskur-15709251040.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran segiempat dan segitiga SMP menggunakan metode pembelajaran inkuiri yang layak. Adapun terkait kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran segiempat dan segitiga yang dikembangkan ini terdiri dari RPP dan LKS yang berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan belief siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan yaitu model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan yang dilakukan meliputi: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, serta (5) evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII B dan satu guru matematika di SMP Negeri 1 Seputih Banyak Lampung Tengah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, angket penilaian siswa, soal tes prestasi belajar, soal tes kemampuan representasi matematis, dan angket belief siswa. Analisis data dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif dalam bentuk skala lima. Perangkat pembelajaran dikatakan layak dengan ketentuan sebagai berikut: hasil validasi dari penilaian para ahli, hasil kepraktisan penilaian guru, siswa, dan keterlaksanaan proses pembelajaran minimal berkategori “tinggi”. Serta keefektifan, perangkat pembelajaran tersebut dikatakan efektif jika secara KKM klasikal lebih dari atau sama dengan 75% siswa tuntas KKM individual berdasarkan tes prestasi belajar dan kemampuan representasi matematis, serta proporsi siswa yang mencapai kategori minimal “tinggi” berdasarkan angket belief siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak dengan kategori baik pada RPP maupun LKS dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran memenuhi kategori valid dengan kriteria baik berdasarkan validasi ahli, memenuhi kategori praktis dengan kriteria baik berdasarkan penilaian guru maupun siswa yang telah diperoleh setelah pelaksanaan uji coba lapangan, memenuhi kategori efektif berdasarkan hasil tes prestasi belajar, tes kemampuan representasi matematis, dan angket belief siswa. Hasil tes prestasi belajar dan kemampuan representasi matematis menujukkan bahwa proporsi siswa yang mencapai nilai KKM lebih dari 75% yaitu 84% dan 81%. Serta hasil penilaian angket belief menunjukkan proporsi siswa secara rata-rata mencapai 106,63 kategori “tinggi” yang mana menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari sebelum dilakukannya uji coba lapangan yang berada pada kategori sedang dengan rata-ratanya sebesar 87,84

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, segiempat, segitiga, metode inkuiri, prestasi belajar, representasi matematis, belief siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Nov 2017 01:48
Last Modified: 09 May 2019 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53975

Actions (login required)

View Item View Item