Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Pajangan

Ramadhan, Gandhi (2017) Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Pajangan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gandhi-ramadhan-15718251001.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan upaya penanaman nilai-nilai nasionalisme di sekolah, (2) mengetahui upaya penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah, (3) mengidentifikasi kendala guru sejarah dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Peneiltian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pajangan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah peneliti sendiri. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan bahan referensi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya penanaman nilai-nilai nasionalisme di SMA Negeri 1 Pajangan sudah dilaksanakan melalui kebijakan dan tata tertib sekolah. Sistem skorsing menjadi dasar yang mengatur kedisiplinan peserta didik di sekolah. Kebijakan menyanyikan lagu nasional sebelum kegiatan belajar mengajar sudah menjadi budaya di sekolah setiap hari. (2) penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah dilakukan oleh guru sejarah selama proses persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Persiapan diantaranya pembuatan RPP, menyesuaikan media pembelajaran dengan bahan materi, melakukan metode ceramah dan diskusi aktif. Nilai-nilai yang diimplementasikan oleh peserta didik di dalam pembelajaran sejarah dan di lingkungan sekolah diantaranya yaitu, a) kepemimpinan, b) disiplin, c) tanggung jawab, d) religius, e) cinta tanah air, f) semangat kebangsaan, g) peduli sosial, dan h) peduli lingkungan, (3) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru sejarah dalam upaya penanaman nilai-nilai nasionalisme, yaitu a) faktor guru sejarah, b) sikap peserta didik, dan c) fasilitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penanaman nilai-nilai nasionalisme, nasionalisme, pembelajaran sejarah
Subjects: Pendidikan > Sejarah Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 May 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53884

Actions (login required)

View Item View Item