EFEKTIVITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK SMA

Fitriani, Amalia and Dwisiwi, Rahayu (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran antara peserta didik kelas X SMA yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional dan pendekatan metakognitif, (2) pendekatan yang lebih efektif antara pendekatan metakognitif dan konvensional dalam pembelajaran Gerak Harmonis Sederhana untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi experimen) dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA N 1 Wates. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa pretest dan posttest kemampuan penalaran yang telah diuji validitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test dan nilai standar gain. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan peningkatan kemampuan penalaran antara peserta didik kelas X SMA yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional dan pendekatan metakognitif dengan nilai signifikansi p(sig(2-tailed)) adalah 0,022, (2) pendekatan metakognitif lebih efektif daripada pendekatan konvensional dalam pembelajaran Gerak Harmonis Sederhana untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik kelas X SMA dengan nilai standar gain masing-masing pendekatan 0,49 dan 0,35.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, metakognitif, kemampuan penalaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53543

Actions (login required)

View Item View Item