Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pengawas, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SD se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo.

Sumartiningsih, Sumartiningsih (2017) Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pengawas, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SD se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sumartiningsih-15703259016.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat pelaksanaan supervisi pengawas sekolah, (2) tingkat pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah, (3) tingkat kompetensi guru, (4) tingkat kinerja guru, (5) pengaruh supervisi pengawas terhadap kinerja guru, (6) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (7) pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru, dan (8) pengaruh supervisi pengawas, kepemimpinan kepala sekolah, dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas SD di wilayah UPT PAUD dan Dikdas Kecamatan Kokap yang berjumlah 214 orang. Jumlah sampel sebanyak 142 yang diambil dari 37 sekolah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif yaitu perhitungan rata-rata, teknik korelasi, regresi sederhana, dan regresi ganda serta perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan supervisi pengawas sekolah termasuk dalam kategori sedang sebesar 82,53%, (2) kepemimpinan kepala sekolah termasuk dalam kategori sedang 80,90%, (3) kompetensi guru termasuk dalam kategori sedang 77,53%, dan (4) kinerja guru termasuk dalam kategori sedang 78,38%, (5) pelaksanaan supervisi pengawas berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru sebesar 5,7%, (6) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru sebesar 13,0%, (7) kompetensi guru berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru sebesar 33,0%, dan (8) pelaksanaan supervisi pengawas, kepemimpinan kepala sekolah, dan kompetensi guru secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru sebesar 37,0%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pelaksanaan supervisi pengawas, kepemimpinan kepala sekolah, dan kompetensi guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru SD se-Kecamatan Kokap sebesar 37,0% sedangkan selebihnya yakni 63,0% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan supervisi pengawas, kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2017 03:27
Last Modified: 09 May 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53512

Actions (login required)

View Item View Item