Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning Model Berbantuan Android terhadap Scientific Literacy dan Problem Solving Skills Peserta Didik SMP

Qomariah, Qomariah (2017) Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning Model Berbantuan Android terhadap Scientific Literacy dan Problem Solving Skills Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-qomariah-15708251024.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kategorisasi gain scientific literacy dan problem solving skills peserta didik, (2) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran IPA berbasis ELM berbantuan android, dan (3) menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran IPA berbasis ELM berbantuan android terhadap scientific literacy dan problem solving skills peserta didik kelas VII di SMP Kabupaten Kotawaringin Timur. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre-post non equivalen control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN di Kabupaten Kotawaringin Timur. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling yang didasarkan pada stratifikasi sekolah. Sekolah yang dijadikan sampel penelitian adalah: SMPN 1 Sampit mewakili sekolah dengan kategori tinggi, SMPN 3 Sampit dan SMPN 1 Mentaya Hilir Selatan mewakili sekolah dengan kategori sedang, dan SMPN 2 Mentaya Hilir Selatan yang mewakili sekolah dengan kategori rendah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji one way manova dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada semua sekolah, kategorisasi gain peserta didik pada kelas ekperimen termasuk “sedang” sedangkan kategorisasi gain peserta didik pada kelas kontrol termasuk “rendah”, baik pada hasil scientific literacy knowledge, scientific literacy competencies, scientific literacy attitude, maupun problem solving skills peserta didik, (2) skor rata-rata respon peserta didik termasuk kategori “sangat baik” di SMPN 1 Sampit, SMPN 3 Sampit, dan SMPN 1 MHS, sedangkan skor rata-rata respon peserta didik di SMPN 2 MHS termasuk kategori “baik”, dan (3) hasil uji one way manova menunjukkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 pada semua semua kategori sekolah, hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran IPA berbasis ELM berbantuan anroid berpengaruh signifikan terhadap kemampuan scientific literacy dan problem solving skills peserta didik kelas VII SMPN di Kabupaten Kotawaringin Timur

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, experiential learning model, android, scientific literacy, problem solving skills
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:10
Last Modified: 09 May 2019 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53418

Actions (login required)

View Item View Item