PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI “SIAGA BENCANA GUNUNG BERAPI” TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI KEPUHARJO

Sulistyaningrum, Ferawaty (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI “SIAGA BENCANA GUNUNG BERAPI” TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI KEPUHARJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ferawaty Sulistyaningrum_10105244023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan video animasi “Siaga Bencana Gunung Berapi”terhadap kesiapsiagaan bencana erupsi Gunung Merapi untuk siswa kelas V di SD Negeri Kepuharjo. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu (quasi experiment), dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media video animasi “Siaga Bencana Gunung Berapi”. Pada penelitian ini variabel terikatnya berupa kesiapsiagaan siswa. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu kelas IV sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 10 siswa puteri dan 23 siswa putra dan kelas V sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa yang terdiri dari 12 siswa puteri dan 23 siswa putra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan video animasi “Siaga Bencana Gunung Berapi” dengan media gambar terhadap kesiapsiagaan siswa Kelas V di SD Negeri Kepuharjo. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan independent sample t-test pada tabel yang menunjukkan bahwa varians perbandingan aspek pegetahuan dan aspek tindakan kesiapsiagaan siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen diperoleh signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Kesiapsiagaan Bencana, Media Gambar
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53404

Actions (login required)

View Item View Item