Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika dan Peluang untuk Mengembangkan Statistical Literacy Siswa SMP.

Hariyanti, Firda (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika dan Peluang untuk Mengembangkan Statistical Literacy Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-firda-hariyanti-15709259015.swf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran statistika dan peluang untuk mengembangkan statistical literacy siswa SMP yang layak digunakan dengan kriteria valid, praktis dan efektif; (2) mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran statistika dan peluang untuk mengembangkan statistical literacy siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu analisis, perancangan dan pengembangan prototipe, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VII-B, 40 siswa kelas VII-D, dan guru matematika kelas VII SMP Negeri 2 Bangkalan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar keterbacaan, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen tes statistical literacy. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi data kuantitatif dari total skor hasil penilaian menjadi data kualitatif skala lima. Keefektifan perangkat pembelajaran dianalisis berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran statistika dan peluang untuk mengembangkan statistical literacy siswa SMP yang terdiri dari RPP dan LKS. Hasil validasi ahli menunjukkan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria “valid” berdasarkan penilaian terhadap RPP dan LKS berada pada kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria “praktis” ditunjukkan dari hasil penilaian kepraktisan guru maupun siswa berada pada kategori sangat baik dan rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 93%. Perangkat pembelajaran juga memenuhi kriteria “efektif” berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 77,5%. Karakteristik dari hasil pengembangan perangkat pembelajaran statistika dan peluang untuk mengembangkan statistical literacy siswa SMP, yaitu (1) menggunakan model guided discovery learning; (2) adanya bimbingan untuk dapat menginterpretasikan, menyimpulkan, dan mengevaluasi data;(3)menggunakan masalah-masalah kontekstual berkaitan dengan pribadi, sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, statistika dan peluang, statistilcal literacy.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Oct 2017 02:31
Last Modified: 09 May 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53098

Actions (login required)

View Item View Item