PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BAWAH PADA TEGAKAN HUTAN WANAGAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA KELAS X DI GUNUNGKIDUL

Astari, Nensi Nur (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BAWAH PADA TEGAKAN HUTAN WANAGAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA KELAS X DI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
2. Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah jenis, indeks kekayaan jenis, indeks keanekaragaman, dan indeks kemerataan tumbuhan bawah yang ditemukan pada tegakan Hutan Wanagama, mengetahui kualitas modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan bawah pada tegakan Hutan Wanagama yang telah disusun, serta mengetahui hasil uji keterbacaan modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan bawah pada tegakan Hutan Wanagama oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan melalui tiga tahap yaitu, studi keanekaragaman tumbuhan bawah pada tegakan Hutan Wanagama, analisis hasil penelitian studi keanekaragaman tumbuhan bawah pada tegakan Hutan Wanagama sebagai sumber belajar, dan pengembangan modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan bawah pada tegakan Hutan Wanagama untuk siswa Kelas X SMA di Gunungkidul. Pengembangan modul dilakukan dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation), namun hanya dibatasi sampai tahap development. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa Kelas X MIPA 2 SMA N 1 Playen. Modul yang disusun diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan jumlah tumbuhan bawah (Spermatophyta) pada tegakan petak 5 Hutan Wanagama yang ditemukan adalah 22 jenis, dari 20 genus dan 14 famili, perhitungan indeks kekayaan jenis adalah 3,30; indeks keanekaragaman sebesar 2,67, dan indeks kemerataan sebesar 0,86. Hasil studi keanekaragaman tersebut kemudian disusun menjadi modul pengayaan dengan nilai menurut dosen ahli media, ahli materi, dan peer reviewer termasuk dalam kategori sangat baik, serta menurut guru Biologi termasuk dalam kategori baik. Siswa memberikan respon setuju terhadap modul pengayaan yang telah disusun dan tertarik mempelajari modul tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, modul pengayaan, Spermatophyta, tumbuhan bawah.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 15:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53016

Actions (login required)

View Item View Item