PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA

Hikmah Nurbaeti, Hikmah (2017) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Hikmah Nurbaeti_10102241015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Kondisi perempuan korban KDRT yang ditangani P2TPA “Rekso Dyah Utami”. (2) Bentuk pelayanan di P2TPA “Rekso Dyah Utami”. (3) Pelaksanaan pemberdayaan perempuan korban KDRT di P2TPA “Rekso Dyah Utami”. (4) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pemberdayaan perempuan di P2TPA “Rekso Dyah Utami”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola, konselor, dan perempuan korban KDRT. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kondisi perempuan korban KDRT mengalami luka fisik, ketakutan, malu, dan trauma. (2) Bentuk pelayanan ada 5, yaitu pelayanan pengaduan, pelayanan kesehatan, pelayanan rehabilitasi sosial, pelayanan bantuan hukum, serta pelayanan pemulangan dan reintegrasi sosial. (3) Pelaksanaan pemberdayaan terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap penyadaran, tahap analisis masalah, tahap penentuan skala prioritas masalah, tahap mencari penyelesaian masalah, tahap pelaksanaan tindakan nyata, dan tahap evaluasi. (4). Faktor pendukung meliputi kerjasama yang baik antara pihak intern yaitu pengelola dan konselor dan pihak ekstern yaitu rumah sakit dan kepolisian yang berjejaring dengan P2TPA “Rekso Dyah Utami, dan pembiayaan yang cukup memadai. Faktor penghambat meliputi korban yang kurang kooperatif; keterbatasan konselor dalam segi jumlah dan waktu yang disediakan, serta sarana dan prasarana di lembaga yang masih kurang memadai. Kata Kunci: Pemberdayaan perempuan, KDRT, Pelayanan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 28 Sep 2017 08:05
Last Modified: 30 Jan 2019 15:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53008

Actions (login required)

View Item View Item