Analisis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Matematika SMP Di Kota Bandar Lampung.

Merliza, Pika (2017) Analisis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Matematika SMP Di Kota Bandar Lampung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pika-merliza-15709251029.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan PKB guru matematika SMP di Kota Bandar Lampung ditinjau dari: (1) pemahaman PKB, (2) keyakinan PKB, (3) pelaksanaan PKB, serta (4) kesulitan PKB guru matematika SMP di kota Bandar Lampung. Lebih jauh, tujuan lain dari penelitian ini yakni, mendeskripsikan perbedaan pemahaman, keyakinan, pelaksanaan serta kesulitan PKB guru matematika SMP berdasarkan tingkat golongan kepegawaian guru matematika SMP di kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode campuran (mixed method), dengan desain penelitian sequential explanatory. Prosedur pengumpulan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey sementara penelitian kualitatif dilaksanakan dengan metode studi kasus yang didasarkan pada data hasil analisis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 181 guru matematika SMP di Kota Bandar Lampung yang sudah berstatus pengawai negeri sipil (PNS). Sampel penelitian kuantitatif berjumlah 63 guru matematika SMP yang diambil dengan menggunakan prosedur stratified random sampling, kemudian dilanjutkan dengan proportional random sampling berdasarkan strata golongan. Sementara, sampel untuk penelitian kualitatif diperoleh 8 guru matematika SMP yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil tes, angket, lembar ceklist, studi dokumen, dan wawancara. Selanjutnya, untuk teknik analisis data yakni menggunakan analisis data deskriptif dimana analisis data kuantitatif terdiri dari teknik pengkategorian dan uji hipotesis MANOVA, sedangkan, analisis data kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak guru matematika SMP di kota Bandar Lampung yang memahami, meyakini, melaksanakan, dan mengalami kesulitan terkait kegiatan PKB, masing-masing secara berurutan berada pada kategori cukup baik, yakin, sangat kurang, dan cukup sulit. Selanjutnya, terkait dengan perbedaan pemahaman, keyakinan, pelaksanaan, dan kesulitan PKB ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan keyakinan dan kesulitan PKB guru matematika SMP berdasarkan tingkat golongan kepegawaian. Namun, pada aspek pemahaman kegiatan PKB, ditemukan perbedaan antara guru matematika SMP golongan III B dan III C, sementara pada aspek pelaksanaan PKB diketahui terdapat perbedaan pelaksanaan PKB guru SMP antara guru golongan III B dan III C, III B dan III D, III B dan IV A, III B dan IV B, IV A dan IV B, IV B dan III C.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), pemahaman PKB, pelaksanaan PKB, kesulitan PKB, keyakinan PKB guru.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Sep 2017 02:38
Last Modified: 09 May 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52984

Actions (login required)

View Item View Item