Pengembangan Perangkat Pembelajaran Integrated Science Nested Model untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ingin Tahu Peserta Didik SMP

Gola, Apolonia Gerinus (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Integrated Science Nested Model untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ingin Tahu Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-apolonia-gerinus-gola-15708259012.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran Integrated Science Nested Model yang layak untuk pembelajaran IPA materi “Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan” peserta didik kelas VII SMP, dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran Integrated Science Nested Model yang dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan sikap ingin tahu peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall yang meliputi tujuh langkah, yaitu: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) developing preliminary form of product, (4) validation by expert judgment, (5) revision (6) preliminary field testing, (7) main product revision, (8) main field testing, dan (9) operational product revision, (10) desimination. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 15 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas VII Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 102 peserta didik dengan rincian: (1) uji coba awal menggunakan peserta didik dari kelas VIIJ sejumlah 34 orang, dan (2) uji coba utama menggunakan 34 peserta didik dari kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan 34 peserta didik kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan lembar validasi produk serta instrumen pengumpulan data berupa soal tes keterampilan berpikir kritis, lembar observasi sikap ingin tahu peserta didik, angket respon peserta didik terhadap LKPD, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa masukkan dan saran dari validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, respon peserta didik terhadap LKPD, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data kuantitatif berupa hasil tes keterampilan berpikir kritis, hasil observasi sikap ingin tahu, dan hasil belajar peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaf, gain standard, serta analisis signifikansi dengan One Way Manova T2 Hotelling. Hasil penelitian berupa seperangkat pembelajaran Integrated Science Nested Model terdiri dari Silabus, RPP, penilaian dan LKPD yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ingin tahu melalui pembelajaran IPA materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan pada peserta didik kelas VII SMP. Perangkat pembelajaran yang digunakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ingin tahu peserta didik kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 00:55
Last Modified: 29 Jan 2019 12:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52973

Actions (login required)

View Item View Item