EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Aeni, Kasyifatun and Sugiman, Sugiman (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
0. HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img]
Preview
Text
1. BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
7. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan Pendidikan Matematika Realistik ditinjau dari prestasi dan kemandirian belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pemalang. Penelitian ini merupakan pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pemalang yang terdiri dari 9 kelas. Kemudian dipilih satu kelas dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan angket kemandirian belajar siswa. Validasi instrumen menggunakan validasi isi melalui expert judgments. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-one sample test dan t-paired sample test. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata pretest dan posttest prestasi belajar masing-masing sebesar 31,28 dan 68,375. Sedangkan skor rata-rata awal dan akhir kemandirian belajar siswa masing-masing 87,625 dan 89,40. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik efektif ditinjau dari peningkatan prestasi dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Matematika Realistik, prestasi belajar, dan kemandirian belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Sep 2017 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 15:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52784

Actions (login required)

View Item View Item