PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SPREADSHEET SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Rahayu, Luluk Puji (2017) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SPREADSHEET SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
1. Skripsi_Luluk Puji Rahayu_13803244011.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet; (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet; (3) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet Siswa Kelas X Akuntansi di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex-Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK YPKK 2 Sleman yang berjumlah 189 siswa, sedangkan sampel penelitan ini berjumlah 129 siswa. Uji coba instrumen dilakukan untuk menguji validitas dengan rumus Product Moment dan reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha. Pengumpulan data Kebiasaan Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru menggunakan angket sedangkan untuk data Prestasi Belajar Spreadsheet menggunakan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 dengan nilai rx1y (0,592); r2x1y (0,351); thitung (8,285) lebih besar dari ttabel (1.979). (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet Siswa Kelas X Akuntansi di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 dengan nilai rx2y (0,470); r2x2y (0,176); thitung (6,004) lebih besar dari ttabel (1.979). (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet Siswa Kelas X Akuntansi di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 dengan nilai Ry(1,2) (0,640); R2y(1,2) (0,410); Fhitung (43,701) lebih besar dari Ftabel (3,07). Sumbangan Relatif Kebiasaan Belajar sebesar 59,70% dan Sumbangan Efektif 24,48%. Sumbangan Relatif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru 40,30% dan Sumbangan Efektif sebesar 16,52%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Spreadsheet.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 12 Sep 2017 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 15:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52775

Actions (login required)

View Item View Item