PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TK MODEL SLEMAN YOGYAKARTA

Muhammad Arya, Wresniwira (2017) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TK MODEL SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Muhammad Arya Wresniwira_12111244001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penerapan pendidikan karakter di TK Model Sleman Yogyakarta. TK Model dipilih karena menurut wawancara dengan pihak guru TK tersebut telah melaksanakan pendidikan karakter. Pendidikan karakter di TK Model sudah berlangsung sejak pertama kali TK tersebut mulai beroperasional yaitu tahun 2008/2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian meliputi: 1) Alasan TK Model melaksanakan pendidikan karakter adalah sekolah tidak hanya menginginkan anak cerdas pada kognitifnya saja namun juga berkembang pada sisi kepribadiannya; 2) Nilai-nilai yang ditanamkan di TK Model yaitu: (a) disiplin, (b) tanggung jawab, (c) tertib, (d) religius, (e) toleransi, (d) budaya antri, (e) sopan santun, (f) mandiri, (g) menghargai, (h) percaya diri, (i) patuh, (j) kepemimpinan, (k) jujur, (l) empati, (m) tolong-menolong, dan (n) kasih sayang; 3) Proses penanaman nilai-nilai karakter dilakukan melalui program-program sekolah; 4) Pihak-pihak yang berperan dalam pendidikan karater di TK Model meliputi kepala sekolah, guru, orang tua, dan anak; 5) Faktor pendukung pendidikan karakter di TK Model meliputi: guru yang memiliki kompetensi, guru yang berkomitmen dalam pelaksanaan pendidikan karakter, orang tua yang ikut berperan dalam pelaksanaan pendidikan karakter; 6) Faktor penghambat pendidikan karakter di TK model meliputi: sebagian kecil orang tua masih ada yang menyerahkan pendidikan anak kepada sekolah, ketidakkonsistenan sebagian orang tua dalam pembiasaan kepada anak untuk berperilaku baik. Kata kunci: pendidikan karakter, anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Sep 2017 05:24
Last Modified: 30 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52764

Actions (login required)

View Item View Item