PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS II DI SD NEGERI KRATON

Husna, Fitrianida Ul (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS II DI SD NEGERI KRATON. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Fitrianida Ul Husna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan strategi picture and picture dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas II SD Negeri Kraton. Strategi picture and picture diterapkan pada awal siklus I. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis & Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Kraton yang berjumlah 17 siswa. Teknik validitas instrumen menggunakanvaliditas empirik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan penerapan strategi picture and picture dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas II di SD Negeri Kraton. Penerapan media gambar sebagai perangkat utama dalam strategi pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena dalam prosesnya siswa diminta untuk berpikir logis dengan menempelkan gambar sesuai dengan peraturan dan menyampaikan pendapat. Selain itu, siswa juga lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran misalnya dengan menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapatnya. Persentasa motivasi belajar IPS setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata motivasi belajar IPS siswa adalah74 % dengan kategori tinggi. Pada siklus II, motivasi meningkat menjadi 81% dengan kategori tinggi dan seluruh indikator telah tercapai keberhasilannya, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Picture And Picture, Motivasi belajar IPS,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2017 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52712

Actions (login required)

View Item View Item