PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SMP

Wijayanto, Lilik (2017) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak Lilik Wijayanto.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab 2.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab 3.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan modul IPA berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM); (2) mengetahui peningkatan kemandirian belajar peserta didik setelah menggunakan Modul IPA; (3) mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan modul IPA; (4) mengetahui respon peserta didik terhadap modul IPA berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM). Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pada tahap define (pendefinisian) dilakukan dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Pada tahap design (perancangan) dilakukan penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan produk awal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi modul IPA, lembar keterlaksanaan dengan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM), angket dan lembar observasi kemandirian belajar, tes pemahaman konsep (pretest dan postest), dan angket respon peserta didik terhadap modul IPA yang dikembangkan. Tahap develop (pengembangan) meliputi tahap peninjauan oleh dosen pembimbing, penilaian (validasi oleh dosen ahli dan guru IPA), dan uji coba produk. Modul IPA yang telah divalidasi kemudian digunakan untuk uji coba produk di kelas VII F SMP N 1 Kalasan dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap disseminate (penyebaran) hanya dilakukan secara terbatas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Modul IPA berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) memiliki kualitas yang sangat baik sehingga layak untuk digunakan; (2) Terdapat peningkatan kemandirian belajar peserta didik yang dapat diketahui dengan melihat gains score ternormalisasi sebesar 0,18 dengan kriteria rendah dan melalui lembar observasi masing-masing pertemuan sebesar 78,99%, 81,08%, dan 86,29% dengan kriteria baik, baik, dan sangat baik; (3) Terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik yang dapat diketahui dengan melihat gains score ternormalisasi sebesar 0,46 dengan kriteria sedang; (4) Respon peserta didik dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul IPA, Sains Teknologi Masyarakat, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 15:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52577

Actions (login required)

View Item View Item