PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN FAMILY DEVELOPMENT SESSION BAGI PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL YOGYAKARTA

Ekantiningsih, Piksa Dewi (2017) PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN FAMILY DEVELOPMENT SESSION BAGI PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
PIKSA DEWI EKANTININGSIH_13105244011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan penyelenggaraan diklat FDS di BBPPKS Yogyakarta, 2) Proses pelaksanaan diklat FDS di BBPPKS Yogyakarta, 3) Evaluasi diklat FDS di BBPPKS Yogyakarta, 4) Faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan diklat FDS di BBPPKS Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola/penyelenggara diklat, widyaiswara, dan peserta diklat. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan diklat FDS PKH di BBPPKS Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan diklat FDS PKH meliputi analisis kebutuhan diklat baik dari perencanaan kurikulum, modul pembelajaran, dan metode pembelejaran yang telah disusun oleh Pusdiklat Kesejahteraan Sosial dan BBPPKS Yogyakarta adalah sebagai penyelenggara diklat, 2) Pelaksanaan diklat meliputi registrasi peserta, pengarahan teknis dari panitia, pra test, acara pembukaan, penyampaian materi, praktik belajar lapangan, purna test dan evaluasi penyelenggaraan, 3) Proses evaluasi diklat terdiri dari dua tahap, yaitu evaluasi yang dilaksanakan ketika diklat berlangsung dan evaluasi dampak diklat, 4) Faktor pendukung yaitu: sarana prasarana diklat lengkap, media pembelajaran lengkap, fasilitator yang berkompeten, dan kinerja panitia yang cukup baik. Faktor penghambat yaitu: pendistribusian media pembelajaran kurang lancar, kurang disiplinnya peserta, adanya peserta yang hamil, modul dan alat peraga materi disabilitas dan kesejahteraan sosial kurang lengkap serta jeda waktu istirahat yang kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 14:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52486

Actions (login required)

View Item View Item