PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY ANTARA YANG BERBANTUAN GEOGEBRA DAN YANG BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUNTILAN

Kusumaningrum, Defy and Sahid, Sahid (2017) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY ANTARA YANG BERBANTUAN GEOGEBRA DAN YANG BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUNTILAN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan pendekatan guided discovery berbantuan GeoGebra dan pembelajaran dengan pendekatan guided discovery berbantuan alat peraga sederhana. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 7 kelas. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII C yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan pendekatan guided discovery berbantuan GeoGebra, dan kelas VIII A yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan pendekatan guided discovery berbantuan alat peraga sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah, angket sikap terhadap matematika, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan bantuan GeoGebra efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 2) pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan bantuan GeoGebra efektif ditinjau dari sikap terhadap matematika, 3) pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan bantuan alat peraga sederhana tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 4) pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan alat peraga sederhana efektif ditinjau dari sikap terhadap matematika, 5) pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan bantuan GeoGebra lebih efektif dibanding pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan bantuan alat peraga sederhana ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 6) pembelajaran bangun ruang sisi datar berbantuan GeoGebra sama efektifnya dengan pembelajaran bangun ruang sisi datar berbantuan alat peraga sederhana ditinjau dari sikap terhadap matematika. Keyword : GeoGebra, alat peraga, guided discovery

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 25 Aug 2017 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 14:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52416

Actions (login required)

View Item View Item