Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbentuk Komik untuk Siswa SMA dengan Materi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Heryu Anasti, - (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbentuk Komik untuk Siswa SMA dengan Materi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Heryu_Anasti.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk komik dengan materi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan yang layak digunakan dalam pembelajaran geografi di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dalam pembelajaran geografi di SMA. Model pengembangan yang diterapkan adalah model Borg and Gall yang terdiri atas: tahap pertama perencaan, tahap ke-dua pengorganisasian, tahap ke-tiga pelaksanaan dan tahap ke-empat penilaian. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi geografi, ahli media, dan praktisi pembelajaran yaitu 5 guru geografi tingkat SMA. Produk akhir media yang dikembangkan diujicobakan pada 30 siswa SMA kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dengan tes. Angket untuk para validator dan tes untuk para siswa yang dijadikan subjek uji coba. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk komik sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran geografi. Terbukti dari skor ahli materi geografi dengan rerata 4,83 (sangat baik); skor ahli media pembelajaran dengan rerata 4,34 (sangat baik); skor praktisi pembelajaran geografi dengan rerata 4,27 (sangat baik); dan skor siswa sebagai calon pemakai memberi skor rata-rata 4,08 (sangat baik). Pada uji coba lapangan, pembelajaran geografi dengan media komik berhasil meningkatkan rata-rata nilai tes siswa dari 76,17 (pre-test) menjadi 84,67 (post-test). Dengan demikian, media pembelajaran berbentuk komik ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran geografi di SMA. Kata Kunci: media pembelajaran geografi berbentuk komik, lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 03:49
Last Modified: 29 Jan 2019 13:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item