IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Desi Rindi, Rahmawati (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DESI RINDI RAHMAWATI_13803244002_P.AKT 13.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan tahun ajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif yang meliputi analisis kualitas menghitung skor Aktivitas Belajar Akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi dan peningkatan jumlah siswa yang memperoleh skor Aktivitas Belajar Akuntansi ≥ 75% dari siklus I ke siklus II. Skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi meningkat dari siklus I sebesar 67,54% menjadi 89,32% pada siklus II, atau mengalami peningkatan absolut sebesar 21,79% dan peningkatan relatif sebesar 34,29%. Jumlah siswa yang memperoleh skor Aktivitas Belajar Akuntansi ≥ 75% meningkat dari siklus I sebanyak 5 siswa (29,41%) menjadi 17 siswa (100%) pada siklus II atau meningkat sebesar 70,59%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Numbered Heads Together (NHT), Aktivitas Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Aug 2017 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 14:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52264

Actions (login required)

View Item View Item