Aprilia Wahyu, Mardhani (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KOMPETENSI MENGELOLA KARTU PIUTANG KELAS XI KEUANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
13803241044_SKRIPSI_APRILIA WAHYU MARDHANI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Kompetensi Mengelola Kartu Piutang, 2) Kelayakan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Kompetensi Mengelola Kartu Piutang, 3) Meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang kelas XI Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang berjumlah 26 siswa. Teknik Pengumpulan Data dilakukan dengan angket atau kuesioner. Teknik Analisis Data pada kelayakan media dengan deskriptif kuantitatif dan motivasi belajar menggunakan Uji t paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Kompetensi Mengelola Kartu Piutang melalui lima tahap yaitu: a) Tahap Analysis, b) Tahap Design, c) Tahap Development, d) Tahap Implementation, e) Tahap Evaluation. 2) Tingkat Kelayakan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Kompetensi Mengelola Kartu Piutang berdasarkan penilaian oleh 2 Ahli Materi (Dosen dan Guru SMK) dan 1 Ahli Media. Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Kompetensi Mengelola Kartu Piutang sangat layak, hal ini diketahui berdasarkan penilaian dari Ahli Materi mendapat rerata skor Dosen 4,8 dan Guru SMK 4,5 dengan kategori “Sangat Layak”, Ahli Media dengan skor 4,3 dengan kategori “Sangat Layak”. 3) Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Kompetensi Mengelola Kartu Piutang dapat meningkatkan Motivasi Belajar ditandai dengan rerata skor per anak meningkat dari 73% menjadi 83%. Peningkatan Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang sebesar 9%. Pada hasil uji t paired sample diperoleh korelasi sebesar 0,542 dan thitung sebesar -6,890 yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Kompetensi Mengelola Kartu Piutang
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga Akuntansi, Motivasi Belajar |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 01:59 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52258 |
Actions (login required)
View Item |