IMPLEMENTASI REDUCE, REUSE, RECYCLE (3R) DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN ANAK TERHADAP LINGKUNGAN DI PAUD GAJAH WONG, BALEREJO, MUJAMUJU, UMBULHARJO, DIY

Feri Subekti, Feri (2017) IMPLEMENTASI REDUCE, REUSE, RECYCLE (3R) DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN ANAK TERHADAP LINGKUNGAN DI PAUD GAJAH WONG, BALEREJO, MUJAMUJU, UMBULHARJO, DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana implementasi Reduce, Reuse, Recycle (3R); (2) Bagaimana dampak implementasi Reduce, Reuse, Recycle (3R) dalam menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan di PAUD Gajah Wong; (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Reduce, Reuse, Recycle (3R) untuk menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan di PAUD Gajah Wong. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di PAUD Gajah Wong. Subyek penelitian ini adalah pendidik PAUD Gajah Wong, pengurus PAUD Gajah Wong, orang tua peserta didik PAUD Gajah Wong. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan atau implementasi Reduce, Reuse dan Recycle (3R) dalam menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan di PAUD Gajah Wong dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) Dampaknya yaitu peserta didik mengerti bahwa barang bekas bisa digunakan kembali, peserta didik menjadi kreatif, peserta didik terbiasa untuk tidak bergaya hidup konsumtif. (3) Faktor pendukungnya yaitu banyaknya sumber bahan media pembelajaran, mudahnya untuk mengakses informasi sehingga membantu pendidik agar lebih kreatif lagi dalam membuat media pembelajaran menggunakan metode reduce, reuse dan recycle, sedangkan faktor penghambatnya yaitu sulit mendapatkan ide untuk membuat media pembelajaran dari barang bekas, ketelatenan orang tua untuk mengajari anaknya. Kata Kunci : Implementasi Reduce, Reuse, Recycle (3R), Menumbuhkan Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:13
Last Modified: 30 Jan 2019 14:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52195

Actions (login required)

View Item View Item