IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

MULYATI, OKTAVIANI (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_OKTAVIANI MULYATI_13803241037.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus dalam dua pertemuan, tiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar Akuntansi, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase skor Observasi Motivasi Belajar Akuntansi setelah dilakukan tindakan pada siklus I skor rata-rata mengalami peningkatan sebesar 9,114% dari 72,656% menjadi 81,510% pada siklus II. Sedangkan pada angket terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,424% atau dari 72,830% di siklus I menjadi 79,253% siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Motivasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:59
Last Modified: 30 Jan 2019 14:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52152

Actions (login required)

View Item View Item