PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BOGOR WONOSARI GUNUNGKIDUL

Puspitasari, Desi Rintan (2017) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BOGOR WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Desi Rintan Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Bogor pada mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan kenampakan alam dan keragaman suku dan budaya, serta pembagian waktu di indonesia dengan menggunakan media audio visual. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Muhammadiyah Bogor dengan jumlah 22 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan 63,2 meningkat menjadi 71,7 pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,65. Selain itu, jumlah siswa yang mencapa ketuntasan pada pratindakan sebesar 31%, siklus I sebesar 54,5%, dan siklus II sebesar 100%. Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Penggunaan Media Audiovisual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Aug 2017 06:32
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52110

Actions (login required)

View Item View Item