PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN JARAKAN

Lestari, Desi Fitri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN JARAKAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Desi Fitri Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDN Jarakan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi subjek penelitian ini adalah 50 siswa kelas IV SDN Jarakan yang terbagi kedalam dua kelas. Kelas IV C sebagai kelompok kontrol dan kelas IV D sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah masing-masing setiap kelas adalah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan rata-rata skor pretest dan posttest kedua kelompok baik kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen, membandingkan perolehan skor observasi aspek kemampuan berpikir kreatif pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, dan perolehan skor/persentase melalui proses model project based learning dalam mengahsilkan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDN Jarakan. Rata-rata perolehan skor hasil pretest kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok kontrol dan eksperimen secara berturut-turut adalah 43,64 (kategori kurang) dan 42,08 (kategori kurang), sedangkan rata-rata perolehan skor hasil posttest kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen secara berturut-turut adalah 63,48 (kategori cukup) dan 83,6 (kategori baik). Rata-rata perolehan skor observasi aspek kemampuan berpikir kreatif siswa selama proses pembelajaran kelompok kontrol dan kelompok eksperimen secara berturut-turut adalah 3,31/ 13,26% (kategori sangat kurang) dan 16,68/ 66,73% (kategori sangat baik). Perolehan skor/persentase melalui proses model project based learning dalam mengahsilkan produk adalah 332/ 88,53% (kategori sangat baik). Kata kunci: project based learning, kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Aug 2017 06:17
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52108

Actions (login required)

View Item View Item