Kurniawan, Angga (2017) PENGARUH POLA ASUH PERMISIF TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 1 WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Angga Kurniawan.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi pola asuh permisif orang tua terhadap rasa percaya diri siswa. Rasa percaya diri merupakan sikap yakin seseorang individu akan kemampuannya sendiri untuk melakukan suatu tindakan dengan penuh tanggungjawab dalam mencapai tujuan hidupnya. Kurangnya rasa percaya diri membuat seseorang mengalami konflik maupun hambatan dalam mencapai suatu tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-gugus 1 Wates Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 230 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 147 siswa yang diambil secara acak menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 31 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan melalui validitas konstrak dan validitas eksternal. Uji Reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas dari pola asuh permisif adalah 0,706, sedangkan rasa percaya diri 0,854. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa besar nilai koefisien determinasi antara pengaruh pola asuh permisif orang tua terhadap rasa percaya diri siswa adalah 0,003. Kesimpulannya pola asuh permisif berpengaruh terhadap rasa percaya diri siswa kelas V SD se-gugus 1 Wates Kabupaten Kulon Progo sebesar 0,3%. Kata kunci: pola asuh permisif, rasa percaya diri
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 05:01 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52103 |
Actions (login required)
View Item |