PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI BENER 1 NGRAMPAL SRAGEN

Pradita, Afrinda (2017) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI BENER 1 NGRAMPAL SRAGEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Afrinda Pradita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media komik yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Bener 1 Ngrampal Sragen. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes pretest-postest, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,56 ( kriteria sangat layak). Hasil penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 4,59 ( kriteria sangat layak). Hasil uji coba memperoleh kriteria sangat layak yaitu uji coba awal memperoleh rata-rata skor 4,2 dengan kriteria sangat layak, hasil uji coba utama memperoleh rata-rata skor 4,32 dengan kriteria sangat layak, dan hasil uji coba lapangan operasional memperoleh rata-rata skor 4,43 dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil uji coba praktisi guru memperoleh rata-rata skor 4,74 dengan kriteria sangat layak. Hasil pretest-postest melalui uji rata beda sebesar 0,037 dan peningkatan rata-rata nilai keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan uji Gain setelah penggunaan media komik sebesar 0,376 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil uji kelayakan media dari para ahli materi, ahli media, uji coba kelayakan, uji rata beda, dan uji peningkatan rata-rata, media komik layak untuk digunakan dalam pembelajaran serta efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: pengembangan, komik, membaca pemahaman, bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:45
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52101

Actions (login required)

View Item View Item